Laman Kongsiadmin@lamankongsi.com

Patung Ini Menjadi Paling Kontroversi Di Jerman. Mengapa?

Isnin, Disember 24, 2012

harith | Isnin, Disember 24, 2012 |

Sebuah patung polis perempuan bernama Petra dengan pakaian anti rusuhan lengkap menerima kecaman di Jerman. Patung itu berukuran manusia, lengkap dengan topi keledar, pelindung siku dan lutut.

Sepintas tidak ada yang salah dengan patung yang posisi-nya itu. Tapi begitu diperhatikan lekat-lekat, ada air bertakung dekatnya. Ternyata si pembuat karya seni ini Marcel Walldorf membuat patung polis sedang buang air kecil lengkap dengan air kencing yang bertakung.

Ketua polisi di Dreseden, Jerman berkata. “Memang ada kebebasan berpendapat, tapi kali ini sudah melampau,” kata jurucakap polis Hagen Hisgen.

Patung ini sedang dipamerkan di Dreseden College of Art in Germany. Pembuatnya, Narcel Walldorf baru dinobatkan seniman muda berbakat dan mendapat hadiah 1.000 pounds.

Selain ketua polis tersinggung Menteri Dalam Negeri Markus Ulbig juga kurang suka dengan patung itu. “Menyerang polis perempuan, dan menurut saya, patung itu memperlecehkan kaum wanita,” kata Ulbig.

Marcel Walldorf benar-benar tidak mengerti kenapa patungnya dikecam. “Ini kan hanya sebuah karya seni,” ujar jurucakap yang tidak disebutkan namanya itu.

sumber